Yangon, Beritasatu.com - Penguasa militer Myanmar Min Aung Hlaing pada hari Minggu (1/8/2021) kembali menjanjikan pemilihan multi-partai baru dan mengatakan pemerintahnya siap untuk bekerja dengan utusan khusus yang ditunjuk oleh Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Min berbicara dalam pidato yang disiarkan televisi, enam bulan setelah tentara merebut kekuasaan dari pemerintah sipil hasil pemilihan umum yang disengketakan setelah dimenangi oleh partai Aung San Suu Kyi.

“Myanmar siap menggarap kerja sama ASEAN dalam kerangka ASEAN termasuk dialog dengan Utusan Khusus ASEAN di Myanmar,” kata Min Aung Hlaing.

Tentara merebut kekuasaan pada 1 Februari dari pemerintah sipil yang dipimpin oleh Suu Kyi setelah partainya yang berkuasa memenangi pemilihan yang menurut militer tercemar oleh penipuan. Komisi pemilihan negara itu menolak tuduhan ini.

Para menteri luar negeri ASEAN akan bertemu pada Senin (2/8/2021), dengan salah satu agendanya menunjuk utusan khusus yang bakal ditugaskan untuk mengakhiri kekerasan dan mempromosikan dialog antara junta dan lawan-lawannya.

Selengkapnya Berita Satu