JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo akan mengangkat isu sampah laut saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-34 yang digelar di Thailand pada 20-23 Juni mendatang. Jokowi menilai isu mengenai sampah laut ini penting untuk diangkat dan menjadi perhatian kawasan.

"Berkaitan dengan combating marine debris, yang berkaitan dengan sampah laut, ini juga menjadi isu yang perlu kita angkat," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas membahas persiapan kunker ke KTT ASEAN dan KTT G-20, di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Selain sampah laut, Jokowi juga akan bicara soal isu perang dagang antara Amerika Serikat dan China. Menurut dia isu ini juga penting untuk diangkat karena berkaitan dengan stabilitas ekonomi di negara-negara Asia Tenggara. "Kita harus mengajak negara ASEAN bersatu dalam mengantisipasi perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok," ujarnya.

Terakhir, Jokowi juga mengaku akan membahas perdamaian di Rakhine State di hadapan para kepala negara negeri tetangga. Hadir dalam rapat itu sejumlah menteri terkait, diantaranya Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko Moeldoko dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.