Singapura - Dalam menghadapi berbagai tantangan masa kini, termasuk dalam menghadapi pandemi Covid-19, negara yang berhasil menjawab tantangan dengan baik adalah negara yang memiliki modal kebangsaan identitas nasional yang kuat. Hanya dengan adanya kesadaran kolektif maka negara akan bisa menghindari distrust society dan terhindar dari krisis yang dihadirkan oleh Covid-19. Pakar Aliansi Kebangsaan Yudi Latif menyampaikan pandangan tersebut dalam webinar Hari Kebangkitan Nasional yang diselenggarakan KBRI Singapura, Kamis (20/05.2021). Seri Webinar “Indonesia Bangkit” kali ini mengambil tema “Membangun Semangat Kebangsaan di Masa Pandemi”.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo menyampaikan, harus ada upaya dan kemauan besar dari bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan berbangsa dan bernegara serta menciptakan keadilan sosial bagi rakyat Indonesia. Dubes Tommy menekankan pentingnya peran pendidikan dalam upaya menjawab tantangan-tantangan baru bagi bangsa Indonesia saat ini dan mencapai cita-cita kemerdekaan bangsa.

“Diperlukan tiga elemen untuk membangun identitas nasional yaitu kemampuan merawat tradisi dan warisan masa lalu seperti perjuangan/konsensus bersama yang diperjuangkan; pemahaman terhadap shared values; dan kebanggaan bersama sebagai bangsa,” ujar Yudi dalam paparannya. 

Selengkapnya: Kementerian Luar Negeri RI