Penampilan Apsara Dance; Tarian Tradisional Kamboja pada Gala Dinner Pertemuan Ke-13 SOMHD

Siem Reap - Menindaklanjuti, ASEAN Declaration on ‘Culture of Prevention’ for a Peaceful, Inclusive, Resilient, Healthy and Harmonious Society, yang ditandatangani Kepala Negara ASEAN pada KTT ke-31 ASEAN, Indonesia berinisiatif menjadi  lead-country ASEAN Car Free Day (ACFD).

ASEAN Car Free Day akan dilaksanakan bertepatan pada ulang tahun ASEAN tanggal 8 Agustus 2018 secara serentak di sepuluh negara anggota ASEAN. Inisiatif ini disampaikan Indonesia pada Rangkaian Pertemuan ke-13 Senior Officials Meeting on Health Development (SOMHD), Pertemuan ke-8 ASEAN Plus Three SOMHD dan Pertemuan ke-8 ASEAN-China SOMHD, pada tanggal 24-26 April 2018 di Siem Reap, Kamboja.

Pertemuan ini bertujuan memantau implementasi program kerja (periode 2016-2020) empat ASEAN Health Clusters yang merupakan kelompok kerja di bawah koordinasi SOMHD yang mencakup: (i) Promoting Healthy Lifestyle; (ii) Responding to All Hazards and Emerging Threat; (iii) Strengthening Health System and Access to Care; dan (iv) Ensuring Food Safety.

Lebih lanjut, Pertemuan juga membahas perkembangan implementasi deklarasi bidang kesehatan yang diadopsi para Pemimpin ASEAN pada KTT ke-31 ASEAN, November 2017, meliputi: ASEAN Leaders’ Declaration in Ending All Forms of Malnutrition; ASEAN Leaders’ Declaration on Anti-Microbial Resistance (AMR): Combating AMR through One Health Approach; ASEAN Leaders’ Declaration on Disaster Health Management; dan ASEAN Declaration on ‘Culture of Prevention’ for a Peaceful, Inclusive, Resilient, Healthy and Harmonious Society.

Pertemuan juga membahas kerja sama kesehatan ASEAN dengan Negara Mitra Wicara ASEAN – Jepang, Republik Rakyat Tiongkok dan Republik Korea. Dalam Pertemuan Ke-8 ASEAN-China SOMHD, ASEAN dan RRT menyepakati area kerja sama kesehatan yang diantaranya meliputi Non-Communicable Disease; Healthy and active aging; Ending all form of malnutrition; Occupational Health dan FCTC; Prevention and control of communicable disease; dan Traditional Medicine and Complementary Medicine.

Dalam pertemuan, Indonesia juga menyampaikan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Pertemuan Ke-5 Global Health Security Agenda High Level Ministerial Meeting yang akan dilakanakan pada tanggal 6-8 November 2018 di Bali.  [Direktorat Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN]