Sekretariat Ditjen Kerja Sama ASEAN telah melaksanakan Kuliah Umum bertema “ASEAN adalah Kita” dan ASEAN Corner di Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Banjarmasin, Kalimantan Selatan tanggal 17 Oktober 2019. Kuliah Umum dihadiri oleh lebih dari 284 orang peserta dan dibuka oleh Pembantu Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Humas, Bapak Prof. Dr. Ir. H. Yudi Firmanul Arifin M.Sc. Dalam sambutannya, Prof. Yudi menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kuliah umum dan berharap dapat menambah wawasan peserta tentang ASEAN. Digarisbawahi ASEAN sebagai organisasi yang terus berkembang dan semakin kohesif. Kerjasama yang telah dilakukan ULM di tingkat ASEAN antara lain pertukaran mahasiswa dan dosen dengan Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Pada sesi pertama kuliah umum Sekretaris Ditjen Kerja Sama ASEAN memberikan paparan mengenai sejarah, latar belakang, semboyan, bendera, piagam dan keketuaan ASEAN, pilar masyarakat ASEAN dan manfaatnya bagi pemuda, kegiatan ASEAN bagi pemuda, peran pemuda, ASEAN University Network, dan Pusat Studi ASEAN.

Sesi kedua kuliah umum menghadirkan narasumber Ketua Pusat Studi ASEAN (PSA) Universitas Lambung Mangkurat Bapak Dr. Budi Suryadi yang memberikan paparan mengenai kesamaan budaya di ASEAN. Kesamaan tersebut antara lain: budaya candi, budaya masjid, budaya sungai, budaya hutan, budaya sawah, budaya perahu, dan budaya adat. Dalam sesi tanya jawab peserta mengajukan sejumlah pertanyaan seputar illegal fishing, prinsip non intervention, isu kebudayaan dll.   

Setelah kuliah umum peserta mengunjungi ASEAN Corner untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai kerja sama ASEAN. Para pengunjung diberikan kuesioner untuk mengetahui tingkat pengetahuan mereka mengenai kerja sama ASEAN. Sembari mengembalikan kuesioner, pengunjung diberikan cenderamata berupa topi dan kaos bertema ASEAN.

Sumber: Sekretariat Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN