Jakarta – 15 Mei 2020, Pertemuan ASEAN Defence Senior Officials’ Meeting (ADSOM) telah diselenggarakan secara daring melalui video conference pada Jumat, 15 Mei 2020 di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta. Sekretaris Jenderal Kemhan RI, Marsda TNI Donny Ermawan T, M.D.S., memimpin delegasi Indonesia didampingi oleh Dirjen Strahan Kemhan Brigjen TNI Dr.rer.pol. Rodon Pedrason, M.A., dan perwakilan Kementerian Luar Negeri.

Pertemuan tersebut membahas perkembangan kerja sama di bidang pertahanan dalam kerangka ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) dan pertukaran pandangan mengenai penanganan pandemi Covid-19 di masing-masing negara anggota ASEAN (AMS) maupun dalam kerangka bilateral sesama AMS. Pertemuan dimpimpin oleh Deputy Minister of National Defence Sen. Lieut. Gen Nguyen Chi Vinh selaku Ketua ADSOM dan dihadiri oleh Delegasi Kementerian Pertahanan dari 10 negara anggota ASEAN dan Sekretariat ASEAN.

Ketua Delegasi ADSOM Indonesia menyampaikan bahwa Covid-19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan dan sosial, tapi juga berpotensi mengganggu stabilitas pertahanan ekonomi nasional. Pertemuan ADSOM tersebut juga menekankan bahwa dalam menghadapi penanganan Covid-19 membutuhkan kerja sama dalam kerangka multilateral. Indonesia menyampaikan tidak ada negara yang dapat menyelesaikan pandemi ini sendirian, terlebih pandemi ini menjadi ancaman bersama di masa depan yang tidak dapat diprediksi dan diukur. Oleh sebab itu, dibutuhkan kerja sama regional yang mampu menggawangi upaya konkret dan kolektif dalam menyelesaikan pandemi. Dalam hal ini, kerja sama pertahanan turut berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas medik militer, pertukaran ahli, hingga mobilisasi bantuan medis bagi masyarakat.

Pertemuan juga sepakat untuk tetap menempatkan fokus pada perkembangan situasi keamanan regional dan internasional selama dan pasca Covid-19. Fokus pertemuan juga mengarahkan pada upaya penguatan dan antisipasi keamanan non-tradisional, demi mencapai stabilitas keamanan regional, dan peningkatan kemakmuran negara anggota ASEAN.