​​Jakarta, Indonesia – Indonesia dorong implementasi kerja sama melalui ASEAN Outlook on the Indo-Pacifik untuk hadapi ketidakpastian regional saat Pertemuan Senior Officials' ASEAN-ROK (26/08/2020).

Pertemuan Pejabat Tinggi ASEAN-ROK diselenggarakan setiap tahun. Pertemuan tersebut merupakan forum diskusi untuk membahas tinjauan serta arah ke depan kemitraan strategis ASEAN-ROK, penguatan kerja sama kemitraan strategis ASEAN-ROK dan berbagai perkembangan terkini kawasan. Mempertimbangkan situasi pandemi COVID-19, maka pertemuan tahun ini disepakati untuk dilaksanakan secara daring melalui video conference.

Pada pertemuan tahun ini, Indonesia memimpin pembahasan mengenai tatanan regional. Dalam intervensinya, Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN/Ketua SOM ASEAN-Indonesia, Jose Tavares menyampaikan bahwa di tengah situasi pandemi COVID-19, dinamika perkembangan situasi geo-ekonomi dan geo-politik masih menggambarkan tren turunnya rasa saling percaya yang berdampak pada implementasi kerja sama antar negara di kawasan.

Dirjen Tavares menyatakan bahwa ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) adalah salah satu platform yang dapat digunakan untuk meningkatkan rasa saling percaya melalui kultur dialog dan kerja sama hingga terbentuknya strategic trust. “AOIP menampilkan perspektif ASEAN dalam menciptakan kerja sama yang inklusif dan bukannya kompetisi dan rivalitas, AOIP menunjukkan ASEAN tidak akan berpihak pada negara besar manapun dan menjaga perdamaian kawasan Indo-Pasifik," pungkas Dirjen Tavares.

Dalam pertemuan tersebut, ROK menegaskan kembali komitmen untuk memperkuat kerja sama dengan ASEAN untuk hadapi COVID-19 dalam sektor kesehatan dan sektor ekonomi. Pada sektor kesehatan, ROK berkontribusi memberikan dukungan finansial sebesar 1 juta dollar Amerika Serikat untuk ASEAN COVID-19 Response Fund dan pemberian PCR test kits untuk deteksi COVID-19 serta alat-alat kesehatan lainnya kepada ASEAN dengan nilai sebesar 5 juta dollar Amerika Serikat. Berkaitan dengan sektor ekonomi, ROK mendorong pemajuan kerja sama digital ekonomi, start-ups, inovasi teknologi, dan implementasi berbagai program kerja sama ASEAN-ROK melalui kerangka New Southern Policy.

Pada kesempatan pertemuan, Indonesia dan ROK juga menyampaikan kepada ASEAN mengenai pemberlakuan pengaturan Travel Corridor yang telah disepakati kedua negara sejak pertengahan Agustus 2020.  Selain dengan ROK, Indonesia telah berhasil mengatur kesepakatan Travel Corridor dengan RRT dan UAE.