Semarang - Ditjen Kerja Sama ASEAN bekerja sama dengan Pusat Studi ASEAN (PSA) Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan Kuliah Umum dan Kompetisi Cerdas Cermat Tingkat SLTA se-Jawa Tengah, dalam rangka memperingati HUT ke-50 ASEAN, pada tanggal 22 – 23 November 2017 di Fakultas Hukum UNNES.

Kegiatan yang dibuka oleh Rektor UNNES, Prof. Dr. Fathur Rokhman M.Hum., menghadirkan narasumber Ashariyadi, Sekretaris Ditjen Kerja Sama ASEAN; Prof. Dr. FX Adjie Samekto, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Diponegoro; dan Saru Arifin, S.H., LLM, peneliti pada PSA UNNES. Sesuai tema seminar, ASEAN 50: Capaian dan Tantangan, Sesditjen Kerja Sama ASEAN mempresentasikan berbagai capaian ASEAN dalam lima dekade terakhir. Digarisbawahi capaian penting ASEAN adalah keberhasilan menciptakan ekosistim perdamaian dan stabilitas di kawasan sehingga memungkinkan  tingkat kesejahteraan negara-negara angggota ASEAN meningkat. Ditambahkan pula ASEAN menghadapi berbagai tantangan ke depan seperti isu terorisme, kejahatan lintas batas, kesenjangan tingkat pembangunan dan sebagainya.

Prof. Dr. FX Adjie Samekto dalam presentasinya menjelaskan potensi, pelung dan tantangan pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dikatakan MEA dimaksudkan untuk memudahkan perdagangan intra ASEAN melalui beberapa regulasi yang harus diperhatikan dan dilaksanakan oleh negara-negara anggotanya. Melalui pengaturan inilah, negara-negara ASEAN dapat berkompetisi dengan sejajar dimana ‘daya saing’ merupakan kunci untuk keluar sebagai  pemenang di era MEA.

Sementara itu, Saru Arifin, S.H., LLM, menjelaskan kemajuan ASEAN dalam promosi dan penghormatan terhadap hak asasi menusia. Menurutnya, banyak capaian ASEAN yang tercermin dari pembentukan ASEAN Inter Governmental Commission on Human Rights (AICHR). Menurutnya, masih ada tantangan yang harus dihadapi ASEAN seperti penanganan isu Rohingya yang terjadi di salah satu negara anggota ASEAN.

Kegiatan lain perayaan HUT ke-50 ASEAN adalah Kompetisi Cerdas Cermat setingkat SLTA di seluruh Jawa Tengah. Para peserta yang berasal dari berbagai Sekolah Lanjutan Tingkat Atas sangat antusias mengikuti lomba dan memiliki kesan telah melalukukan persiapan-persiapan yang matang. Pemenang lomba adalah SMA Nasima, Semarang (Juara I); SMA Karang Turi, Semarang (Juara II); SMA Negeri 5 Semarang (Juara III) dan SMA Sedes, Semarang (Juara Harapan).

Ditjen Kerja Sama ASEAN dan UNNES , pada tahun 2015, telan menandatangani Nota Kesepahaman Tentang Kerja Sama di Bidang Pendidikan, Pengajian / Penelitian Ilmiah dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Dua kegiatan di UNNES merupakan tindaklanjut dari isi Nota Kesepahaman itu sebagai landasan kerja sama kedua pihak. (Setditjen Kerja Sama ASEAN).