Indonesia memimpin kantor berita negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) untuk mewujudkan visi media yang berfokus pada nilai-nilai masyarakat (people centered) yang sebelumnya mengedepankan state centered.

Salah satu upaya untuk mendorong nilai people-centered tersebut adalah membentuk ASEAN Newsroom, sebuah langkah yang digagas dalam Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 melalui Lembaga Kantor Berita Negara (LKBN) Antara, memperkuat sinergi antarkantor berita negara di kawasan sekaligus memperluas cakupan pemberitaan.

Demikian ditegaskan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi saat meresmikan secara simbolis ASEAN Newsroom Corner di Media Center Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Senin (4/9/2023) malam.

“Langkah ini akan meningkatkan kepedulian sekaligus partisipasi masyarakat luas dalam berbagai agenda ASEAN. Keberadaan nilai people-centered juga diharapkan dapat memupuk kebersamaan antarmasyarakat kawasan Asia Tenggara,” ujar Menkominfo.

Melalui ASEAN Newsroom Corner yang lokasinya berada di Media Center KTT ke-43 Jakarta ini, kerja sama antarkantor berita di berbagai negara anggota ASEAN dalam bertukar informasi maupun saling mengamplifikasi berita, menjadi lebih mudah.

Sumber: ASEAN Indonesia 2023