SINGAPURA - Pertemuan Ke-3 ASEAN Health Cluster 3: Strengthening Health System & Access to Care (AHC3) telah diselenggarakan pada tanggal 11-12 Juli 2018 di Singapura. Pertemuan ini dipimpin oleh Singapura selaku ketua ASEAN Health Cluster 3 dan pertemuan membahas kemajuan implementasi kegiatan-kegiatan di bawah program kerja ASEAN Health Clusters 3/AHC3 Work Programme 2016-2020 serta peluang kerja sama dan kolaborasi dengan sektor ASEAN lain seperti sektor ketenagakerjaan dan pembangunan sosial.

Pertemuan membahas concept notes kegiatan di bawah 3 (tiga) theme pada AHC3 Work Programme 2016-2020, yaitu: Theme 1: Entitlement/Access to Affordable Package of Goods and Services (Akses terhadap Barang dan Jasa yang Terjangkau); Theme 2: Availability and Quality of Care (Ketersediaan dan Kualitas Perawatan Kesehatan); dan Theme 3: Services for Special Population (Layanan Kesehatan untuk Populasi Khusus).

Pada pertemuan ini, Delegasi Indonesia berhasil menegosiasikan penyelarasan definisi migrant workers pada program kerja ASEAN Health Cluster 3 terkait penyusunan ASEAN Guideline on Health Coverage dengan ASEAN Consensus on the Protection and Promotion of the Rights of Migrant Workers yang telah ditandatangani pada tahun 2017 oleh seluruh Kepala Negara ASEAN. Sebelumnya pembahasan terkait kesehatan migran masih terbatas pada definisi documented migrants, namun pertemuan berhasil menyepakati bahwa cakupannya disesuaikan dengan ASEAN Consensus sehingga mencakup “migrant workers who become undocumented through no fault of their own”/pekerja migran yang menjadi undocumented bukan karena kesalahannya sendiri. Lebih lanjut, disepakati pula adanya tanggung jawab bersama dan berimbang antara sending and receiving countries seluruh negara ASEAN, khususnya dalam bidang kesehatan pekerja migran.

Sebelumnya pada tahun 2016, seluruh kelompok kerja/working group kerja sama ASEAN di bidang kesehatan dileburkan menjadi 4 (empat) ASEAN Health Clusters yaitu (i) ASEAN Health Cluster 1: Promoting Healthy Lifestyles; (ii) ASEAN Health Cluster 2: Responding to All Hazards and Emerging Threats; (iii) ASEAN Health Cluster 3: Strengthening Health System and Access to Care serta (iv) ASEAN Health Cluster 4: Ensuring Food Safety. Seluruh ASEAN Health Clusters dimaksud memiliki 20 prioritas kesehatan yang tertuang dalam masing-masing Program Kerja untuk periode 2016-2020 sesuai visi ASEAN 2025. [Sumber: Direktorat Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN Kemlu]