​Toronto, Kanada - “Epistemic Community yang terdiri dari unsur pemerintah, pelaku bisnis dan pendidikan merupakan strategic triangle dalam menjalin hubungan kerjasama yang saling menguntungkan antara ASEAN dan Canada. Dalam kaitan ini, York Center for Asian Research (YCAR) di York University Toronto Kanada diharapkan dapat menjadi ASEAN Study Center dalam mendukung kepentingan strategis ASEAN-Kanada sebagai pusat riset yang mengidentifikasi peluang perdagangan dan investasi di negara-negara ASEAN dan Kanada," ungkap Konsul Jenderal RI Toronto, Leonard F. Hutabarat pada webinar “ASEAN-Canada Connect: Bringing together, Government, Business and Education Sectors", yang diadakan oleh York Center for Asian Research York University, Toronto Kanada (29/07/2021).

Dalam paparannya yang bertema “Canada's Future Strategic Interest in South East Asia" tersebut, Konjen RI Toronto lebih lanjut menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 telah menyadarkan semua pihak mengenai pentingnya perjanjian perdagangan dengan ASEAN khususnya terkait regional supply chain.  Hal Ini juga membuka peluang bagi Kanada untuk membuat perjanjian dagang secara bilateral dengan anggota ASEAN yang belum memiliki perjanjian tersebut. Sementara, dengan terbentuknya CANADA-ASEAN Free Trade Agreement (FTA) diharapkan terdapat penegakan hukum dan peraturan yang konsisten serta berkurangnya hambatan tarif dan non-tarif dalam perdagangan dan investasi diantara kedua pihak.

ASEAN menjadi pasar potensial dan menjanjikan karena pertumbuhan kelas menengah yang cepat (OECD memprediksi kelas menengah ASEAN akan bertambah lebih dari dua kali lipat dari 135 juta di tahun 2019 (24% dari populasi ASEAN) menjadi 334 juta (51% dari populasi) pada tahun 2030). Saat ini, ASEAN merupakan mitra dagang terbesar ke-6 Kanada dengan nilai perdagangan mencapai US$ 19,4 milyar ditahun 2020. Di sektor investasi, Statistics Canada mencatat sekitar 8,2% investasi Kanada ditanamkan di Asia / Oceania. Investasi terbesar Kanada terdapat di Amerika Utara (60,1%) dan Eropa (26,4%).

Untuk mengamankan kepentingan strategisnya di sektor ekonomi, memanfaatkan York Center for Asian Research York University guna pengembangan dan kajian potensi ekonomi negara-negara ASEAN menjadi sangat penting bagi Kanada.  Hasil kajian tersebut dapat digunakan oleh kalangan professional/bisnis untuk meningkatkan perdagangan dengan negara-negara ASEAN.

YCAR yang didirikan pada tahun 2002 adalah komunitas peneliti Universitas York yang berkomitmen  pada study Asia khususnya sejarah dan budaya masyarakat Asia di dunia.

(Sumber: KJRI Toronto)

Selengkapnya Kementerian Luar Negeri