Warga antusias menyambut gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang akan berlangsung pada 5-7 September 2023 di Jakarta. Pada saat bersamaan mereka juga menaruh harapan tinggi perhelatan akbar negara-negara Kawasan Asia Tenggara tersebut memberi dampak  bagi pertumbuhan ekonomi ke depan.

Hal itu terungkap oleh beberapa warga Jakarta dan sekitarnya yang ditanya terpisah pada Sabtu (2/9/2023).

Frisky Febriyan (29 tahun) misalnya, mengungkapkan kekaguman akan kepercayaan dunia pada Indonesia yang lagi-lagi menjadi tuan rumah forum internasional. Tahun lalu Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20 di Bali dan pada Mei 2023 lalu, menjadi penyelenggara KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, dan sekarang di Jakarta.

"Kemarin (tahun lalu) Indonesia memimpin G20, sekarang kita memimpin ASEAN. Ga nyangka aja kalau ternyata Indonesia bisa sebegitu hebatnya, dipercaya dunia memimpin berbagai perhelatan berkelas internasional," ujarnya.

Belum lagi kegiatan-kegiatan kelas dunia lainnya yang juga sedang berlangsung di Jakarta, tambahnya. Seperti Piala Dunia Bola Basket 2023 atau FIBA 2023 di Indonesia Arena, kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sumber: ASEAN Indonesia 2023