​Jakarta, Indonesia - Indonesia menjadi tuan rumah Pertemuan Komisi HAM Antarpemerintah ASEAN - ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights (AICHR) ke-36 yang diselenggarakan di Gedung ASEAN, Jakarta. Pertemuan telah dibuka pada 27 Februari dan akan berlangsung hingga 3 Maret 2023 untuk membahas perkembangan terkini serta inisiatif seputar isu HAM di kawasan.

Pertemuan AICHR ke-36 dipimpin oleh Yuyun Wahyuningrum, Wakil Indonesia untuk AICHR yang juga adalah Ketua AICHR 2023, mengikuti Keketuaan Indonesia di ASEAN di tahun ini. Pertemuan sendiri dihadiri oleh sepuluh Wakil/Wakil Pengganti AICHR dari seluruh negara-negara ASEAN.

Pertemuan yang akan berlangsung selama lima hari ini merupakan agenda rutin AICHR untuk mengakomodir pembahasan serta pengambilan keputusan di AICHR terkait hal-hal yang menjadi kepentingan bersama negara-negara ASEAN di bidang HAM.

Dalam Pertemuan ke-36 AICHR, Indonesia mengusulkan penyelenggaraan ASEAN Human Rights Dialogue 2023 yang berguna sebagai platform dialog yang terbuka dan transparan dalam membahas isu-isu HAM di kawasan.

Selengkapnya: Kementerian Luar Negeri