Jakarta: Pada 22 Maret 2018, Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN, Kementerian Luar Negeri menerima mahasiswa dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, (UNTIRTA) Serang, Banten. Tujuan kunjungan ini adalah untuk memperdalam pengetahuan tentang pengembangan kerjasama regional ASEAN.

Dr. Rd. Nia Kania Kurniawati MSi., Dosen FISIP dan Kaprodi Magister Administrasi Publik UNTIRTA, selaku pimpinan rombongan menyatakan tujuan Kunjungan Mahasiswa ini  adalah untuk memberi pemahaman kepada para mahasiswa mengenai kerja sama ASEAN yang menjadi soko guru politik luar negeri Indonesia. Ditambahkan kunjungan mahasiswa ini merupakan yang pertama kali dijalin dengan Kementerian Luar Negeri RI.

Dewanto Prasetyo, Pejabat Fungsional Diplomat Ditjen Kerja Sama ASEAN, pada sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang berinisiatif untuk memperdalam pengetahuan mengenai perkembangan kerja sama ASEAN. Menurutnya ini sejalan dengan semangat ASEAN yang berorientasi dan berpusat kepada rakyat. Ia juga mengharapkan agar para mahasiswa meningkatkan kompetensinya menghadapi persaingan di era Masyarakat ASEAN.

Pada kesempatan tersebut, Dewanto memberikan presentasi mengenai perkembangan terkini kerja sama ASEAN. Dijelaskan, antara lain, ASEAN telah menciptakan ekosistem perdamaian yang mendukung terciptanya kesejahteraan diantara 10 negara anggota ASEAN dan ini diakui oleh dunia internasional. Digaris bawahi pula bahwa Masyarakat Ekonomi ASEAN membuka berbagai potensi yang dapat memberi manfaat bagi rakyat. Meskipun demikian, ASEAN juga menghadapi berbagai tantangan yang memerlukan perhatian bersama seperti isu Laut China Selatan serta perbedaan tingkat pembangunan diantara negara-negara anggota ASEAN.

Pada sesi tanya jawab, para mahasiswa antusias dalam menyampaikan pertanyaan-pertanyaan terkait penaganan isu kejahatan transnasional ASEAN, kerja sama ekonomi ASEAN dalam  sektor pertanian dan hasil KTT ASEAN - Australia. (Setditjen Kerja Sama ASEAN)