TRIBUNNEWS.COM, NEW DELHI - Wakil Menteri Luar Negeri RI AM Fachir menegaskan kerja sama maritim antara ASEAN dengan India menjadi sebuah keharusan. Hal tersebut ditegaskan AM Fachir saat Ministerial Session Delhi Dialogue X, di New Delhi, India, Kamis (19/7/2018).

"Sejak berabad-abad lalu, Samudera Hindia dan Samudera Pasifik menjadi keunggulan geografis yang telah menghubungkan, menyatukan, sekaligus menguntungan India dan negara-negara ASEAN," kata AM Fachir.

Untuk itu, menurutnya, India dan ASEAN perlu terus meningkatkan kerja sama di bidang maritim. Khususnya kerja sama dalam bidang Keamanan dan Ekonomi Maritim serta Perlindungan dan Pelestarian Lingkungan termasuk di dalamnya mengatasi sampah plastik di laut.

AM Fachir juga menggarisbawahi berbagai potensi dan keunggulan ASEAN dan India, termasuk pertumbuhan ekonomi yang tinggi di atas rata-rata dunia."Seyogyanya India dan ASEAN mampu untuk menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di kedua samudera – yang kini semakin dikenal sebagai kawasan Indo-Pasifik," kata AM Fachir.

Diketahui, pemerintahan Presiden Joko Widodo, membangun berbagai proyek infrastruktur maritim, termasuk 32 pelabuhan laut hingga tahun 2019.