Jakarta (ANTARA) – pelaku usaha di Indonesia diharapkan dapat menangkap peluang bisnis di Vietnam mengingat negara itu berhasil mengendalikan wabah COVID-19 dan saat ini telah menjalani normal baru dengan membuka kembali sektor ekonominya kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Vietnam, Ibnu Hadi, Kamis.

Beberapa peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan pengusahan Indonesia, di antaranya peluang ekspor barang mentah (raw materials) dan barang setengah jadi (intermediate goods), serta beberapa pelonggaran pajak dan pemberian insentif dari Pemerintah Vietnam ke para pelaku usaha.

“Vietnam setalah COVID-19 fokus pada pemulihan bisnis, mendorong ekspor, dan menarik PMA (penanaman modal asing, red) . saya mengharapkan kalangan pengusaha Indonesia harus bisa memanfaatkan kesempatan saat ini, yaitu adanya peningkatan ekspor di Vietnam diikuti dengan peningkatan kebutuhan produk impor bahan baku, raw materials dan intermediate goods. Vietnam butuh impor dari berbagai negara dan itu jadi kesempatan untuk Indonesia,” terang Dubes Ibnu saat sesi seminar virtual yang digelar oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Hanoi.