Jakarta (ANTARA) - CEO PT Global Tiket Network (Tiket.com) George Hendrata mengatakan Indonesia berpotensi menguasai pasar online travel agent (OTA) sekitar 40 persen dari 43 miliar dolar AS total potensi pasar di tingkat Asean pada 2025.

“Indonesia itu kan negara yang terbesar di Asia Tenggara, jadi kita tuh memiliki dampak luas ke seluruh Asia Tenggara,” kata dia dalam sebuah webinar, Jakarta, Selasa.

Berdasarkan laporan Google dan Temasek, potensi pasar Asean di sektor transportasi dan makanan, online travel, dan online media masing-masing sebesar 43 miliar dolar AS pada tahun 2025.

Hal ini didukung dengan laporan lain yang menyebutkan Indonesia akan berada di peringkat empat besar dunia dari segi pariwisata di tahun 2035.

Kata dia, pihaknya siap mendukung untuk mencapai tujuan tersebut, apalagi ditambah jumlah kenaikan turis yang akan membawa banyak devisa masuk ke Indonesia.

“Saya juga memberikan apresiasi dengan pemerintah, Menteri Perhubungan, pemerintah daerah, karena bisa membawa COVID-19 turun begitu cepat dan juga membantu untuk memberikan travel yang safe dengan memperhatikan semua protokol yang ada,” ujarnya.

Selain itu, dikatakan bahwa Indonesia masih banyak peluang untuk meningkatkan kontribusi sektor perjalanan dan pariwisata (travel and tourism) ke Produk Domestik Bruto (PDB).

Selengkapnya Antara News