JAKARTA, iNews.id - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN dan KTT Khusus ASEAN Plus Three akan berlangsung pada Selasa (14/4/2020). KTT Istimewa ini telah didahului pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri ASEAN melalui video conference, Kamis (9/4/2020).

Indonesia menjadi salah satu negara yang berinisiatif mengupayakan penyelenggaraan kedua KTT tersebut. Presiden Joko Widodo direncanakan mengikuti dua KTT Istimewa tersebut yang juga akan berlangsung secara virtual.

“Kita tidak bisa menunda KTT tersebut di situasi dunia dan Kawasan kita yang sedang berjuang hadapi Covid-19. KTT Istimewa ini sangat strategis untuk satukan langkah lawan Covid-19,” kata Menlu Retno Marsudi, melalui keterangan tertulis, Minggu (12/4/2020).

Retno menuturkan, rangkaian pertemuan akan membahas langkah bersama dalam menangani, membendung dan memitigasi dampak Covid-19, memastikan kelancaran regional supply chain atas makanan, obat-obatan dan barang-barang esensial lainnya, perlindungan terhadap awarga negara ASEAN serta pemanfaatan sejumlah kerja sama yang dimiliki oleh APT.

Selengkapnya iNews.id