TEMPO.CO, Jakarta - Eks Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Asia Tenggara Tjandra Yoga Aditama mengatakan ada lima semangat kemerdekaan yang bisa diterapkan oleh pemerintah dan masyarakat Indonesia, dalam menghadapi pandemi Covid-19. Semangat ini ia harapkan bisa diterapkan, terlebih saat bulan kemerdekaan seperti saat ini.

Pertama, Tjandra mendorong masyarakat untuk terus meningkatkan kesadaran bahwa pandemi ini adalah masalah bersama, dan hanya dapat diselesaikan dengan upaya bersama pula.

"Komunikasi publik yang dibangun juga mungkin akan lebih baik kalau dilakukan bukan antara pemerintah dan masyarakat, tetapi merupakan kegiatan bersama, informasi bersama dengan pesan tanggung jawab bersama," kata Tjandra dalam keterangan tertulis, Ahad, 29 Agustus.

Perjuangan kedua adalah adalah kegigihan. Tjandra mengatakan pandemi Covid-19 memiliki tiga masalah besar. Yakni diagnosis masih terbatas dengan PCR dan rapid antigen, obat yang dapat membunuh virusnya belum ada, dan vaksin yang tersedia juga belum 100 persen dapat mencegah penyakit.

Selengkapnya Tempo