KBRN, Jakarta: Duta Besar Cina untuk ASEAN Deng Xijun melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi di Kantor Sekretariat ASEAN, Jakarta, Senin (20/1/2020). "Kedatangan saya ke sini adalah untuk membawa misi Cina ke sekretariat ASEAN dan saya telah melakukan perbincangan menarik dengan Sekretaris Jenderal," ujar Deng usai melakukan pertemuan.

Mantan Dubes Cina untuk Afghanistan itu pun menekankan perlunya stabilitas dan kemakmuran kawasan serta kerja sama regional di ASEAN. "Hubungan Cina dan ASEAN adalah hubungan paling dinamis dan substansial, jadi kami memiliki banyak hal yang harus dilakukan tahun ini," tutur Deng.

Deng menyampaikan bahwa upaya kolektif yang telah dibangun selama lebih dari setengah abad membuat keberhasilan kerjasama regional organisasi negara-negara ASEAN. Ia menuturkan bahwa hubungan Cina-ASEAN telah memelopori kerjasama regional di Asia timur dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan regional yang berkelanjutan serta perdamaian dan kemakmuran regional.