Jakarta - 

Indonesia kini memiliki pusat kendali kereta terbesar dan tercanggih di Asia Tenggara. PT Len Industri (Persero) telah membangun Pusat Pengendali Operasi atau OCC (Operation Control Centre) kereta di Manggarai. OCC ini menjadi yang kelima dari sembilan unit yang harus dibangun di Pulau Jawa.

Direktur Operasi I PT Len Industri (Persero), Linus Andor Mulana Sijabat mengatakan nantinya perjalanan kereta di Pulau Jawa dimonitoring dan dikendalikan secara terpusat melalui OCC. Dia mengungkap OCC di Manggarai kini telah memasuki tahap testcom atau testing and commissioning.

"Jakarta sekarang memiliki OCC terbesar dan tercanggih di Asia Tenggara. Sejak kemarin sedang testcom, mohon doa restu bapak-papak dan ibu-ibu sekalian agar proses testcom berlangsung baik dan sukses. Dalam sistem perkeretaapian, OCC berfungsi melakukan monitoring perjalanan kereta api secara terpusat, sehingga keamanan dan ketepatan waktu, serta jumlah perjalanan kereta menjadi sangat optimal," ungkapnya, Jumat (20/11/2020).

Linus menjelaskan OCC di Manggarai memiliki tingkat kompleksitas tinggi yang memadupadankan berbagai sistem interlocking yang ada saat ini di Jakarta, menjadi 1 tampilan dalam sebuah layar supervisi.

Selengkapnya Detik.com