KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Negara-negara Asean sepakat meningkatkan kerja sama dan fasilitasi perdagangan dengan sejumlah negara mitra seperti China, Korea Selatan, Jepang dan Swiss. Mereka juga sepakat menjamin kelancaran arus rantai pasok obat dan alat kesehatan untuk mempercepat pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat hadir pada pertemuan Menteri Ekonomi Asean (Asean Economic Ministers /AEM) dengan negara mitra secara virtual, Senin (13/9). 

“Negara-negara Asean sepakat meningkatkan kerja sama perdagangan untuk mempercepat pemulihan ekonomi. Selain itu, juga terus bekerja sama mendorong percepatan program vaksinasi, serta menjamin arus rantai pasok obat dan alat-alat kesehatan,” kata Lutfi dalam keterangan tertulis, Selasa (14/9).

Mengawali rangkaian pertemuan AEM dengan negara mitra dialog, para Menteri Ekonomi Asean bertemu dengan Menteri Perdagangan China pada AEM and the Minister of Commerce (MOFCOM) Consultations ke-20. Pertemuan ini membahas berbagai hal penting terkait hubungan ekonomi ASEAN dan Tiongkok.