BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan Kota Bogor akan menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang menjadikan trem sebagai transportasi massal di wilayah perkotaan.

"Untuk diketahui trem ini belum ada di Asia Tenggara," ujar Bima yang ditemui di Balai Kota Bogor, Jumat (6/9/2019).  Untuk mewujudkan trem, Pemkot Bogor terlebih dahulu akan melakukan kajian bersama Jo Colas Iroda. Jo Colas Iroda menjadi mitra pengkaji kelayakan trem di Kota Bogor dan kesepakatan kerja sama telah disepakati oleh kedua pihak.

"Ini menandai dimulainya kajian ilmiah untuk tahapan pembangunan trem di Kota Bogor, 9 bulan kajian ini akan selesai," kata Bima.  Dia mengatakan hasil kajian ini akan menentukan langkah-langkah pembangunam trem di Kota Bogor. Kajiannya terkait dengan jalur, kelayakan jalan, kapasitas jalan, daya angkut, lebar dan panjang rel, biaya yang dibutuhkan, dan lainnya.

"Setelah hasil ini selesai, paralel dengan penelitian ini kita juga dibantu oleh BPTJ untuk menyiapkan pendanaannya, saya kira bisa dari skema-skema pinjaman, bantuan pemerintah dan lain-lain jadi ketika kajian selesai itu bisa dilanjut dengan pembangunan," kata Bima.