Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Bangkok, Thailand, dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-34 ASEANSabtu (22/6) ini.  Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan yang dikeluarkan di Jakarta, Sabtu (22/6) mengatakan dalam KTT yang berlangsung selama dua hari tersebut, Jokowi akan mendorong ASEAN untuk tetap bersatu dan kokoh dalam menyikapi situasi dunia serta perkembangan global yang sangat dinamis dan akan membawa pengaruh bagi kawasan Asia Tenggara.


Dorongan akan diberikan agar negara anggota ASEAN menyepakati pandangan bersama tentang konsep Indo-Pasifik ASEAN. Jokowi mengatakan konsep tersebut penting untuk menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan Asia. Selain itu, Jokowi dalam forum tersebut juga akan mengingatkan komitmen terhadap penyelesaian negosiasi Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP). Kerja sama tersebut ia nilai penting ditingkatkan dalam merespons perkembangan ekonomi dunia saat ini.

Isu lainnya yang akan diangkat oleh Jokowi dalam KTT itu adalah isu Rakhine State. Selain menghadiri KTT ASEAN, Presiden Jokowi juga akan memimpin KTT ke-12 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Summit dan menghadiri pertemuan Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) Summit yang ke-13. Jokowi juga direncanakan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa pimpinan negara ASEAN.