Siaran Pers No. 479/HM/KOMINFO/11/2023

Selasa, 21 November 2023

tentang

Wamenkominfo Dorong Pelajar ASEAN Berbagi Pengetahuan Teknologi 

 

 

Perkembangan teknologi digital yang makin dinamis memerlukan saling berbagi pengetahuan (sharing knowledge) antarpelajar di negara serumpun. Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria menilai edukasi dan literasi di kalangan pelajar akan memajukan generasi muda di ASEAN.

“Saya kira itu juga mempererat kolaborasi pendidikan di antara negara-negara ASEAN dan ini bentuk hubungan P to P (people to people) yang cukup baik dalam rangka share value, sharing knowledge dan juga memajukan generasi muda di Indonesia dan juga di ASEAN,” ujarnya saat menyampaikan Keynote Speech dalam SIM Meranti Project Round 2 di Depok, Jawa Barat, Selasa (21/11/2023).

Wamenkominfo menyatakan edukasi dan literasi pelajar bersama negara tetangga Singapura dan Malaysia akan dapat mempersiapkan pelajar berkiprah lebih baik dalam menyambut abad 21 dengan lebih produktif dan percaya diri. 

“Hari ini kita mengadakan suatu acara di theater yang disebut dengan Playducation. Kami juga berbicara tentang generasi muda dan teknologi, bagaimana peran teknologi yang advance seperti artificial intelligence bisa membantu pendidikan para siswa,” tuturnya. 

Pelajar dari ketiga negara yakni SMA Cakra Buana Indonesia, Westwood Secondary School Singapore, dan Sabah College Malaysia telah bekerja sama selama 17 tahun melalui Program SIM Meranti Project. Menurut Wamen Nezar Patria, kegiatan ini mendorong pelajar dapat menyikapi perkembangan ekosistem teknologi digital.

“Diskusinya berjalan cukup dinamis, para siswa bertanyadengan antusias dan saya lihat pertanyaan sangat cerdas. Ini membuktikan kerja sama berlangsung produktif. Bisa memperkaya pengetahuan generasi muda tentang digitalisasi dan bagaimana menggunakan teknologi digital di masa depan,” jelasnya. 

Wamenkominfo mengapresiasi inisiatif dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan menyediakan fasilitas bagi pelajar untuk lebih mengenal tentang bidang keilmuan yang dipelajari, salah satunya dengan meresmikan Playducation Theater and Gallery. 

“Sekaligus mendapat kehormatan untuk meresmikan Playducation Theater and Gallery sebagai salah satu bentuk sarana kolaborasi  untuk mendukung edukasi dan literasi teknologi terkini,” ungkapnya.

Founder Sekolah Cakra Buana Siti Nurul menyampaikan apresiasi kepada Wamenkominfo Nezar Patria. Menurutnya, kehadiran tokoh asal Aceh tersebut dapat memberikan nilai tambah dan motivasi bagi pelajar untuk mengembangkan diri. 

“Kunjungan Bapak Wakil Menteri Kominfo hari ini luar biasa untuk kami. Sebuah apresiasi, sebuah penyemangat bagi kami bahwa kami hadir ini adalah Ikhlas untuk kemajuan putra-putri Indonesia,” tuturnya.

Siti Nurul mengungkapkan semangat membangun pendidikan berkualitas juga diwujdukan dengan menyiapkan putra-putri terbaik bangsa di bidang pendidikan berkolaborasi dengan negara tetangga. 

“Hari ini sudah yang ke-17 tahun kami menjalin hubungan dengan tiga negara. Kehadiran mereka ke sekolah ini Insya Allah, tidak memalukan negara kita bahwa kita juga sepadan bahkan bisa lebih seperti negara-negara lain,” jelasnya.

Sumber: Kementerian Komunikasi dan Informatika RI