Jakarta, Indonesia – Indonesia mengadakan program magang kepada 30 Aparatur Sipil Negara (ASN) Timor-Leste untuk mendukung keanggotaan penuh Timor-Leste di ASEAN serta meningkatkan pemahaman ASN Timor-Leste mengenai mekanisme dan tata kerja ASEAN​. Mereka telah menjalani program magang di lebih dari 20 kementerian dan lembaga Indonesia sejak Juni hingga September.

Resepsi perayaan keberhasilan program magang ini diselenggarakan pada Kamis (10/8) di Kementerian Luar Negeri Indonesia. Acara dihadiri oleh Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) dari Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Nasional terkait, Sekretariat ASEAN, kedutaan besar Timor-Leste dan Inggris di Jakarta, serta Kementerian Luar Negeri Indonesia.

"Program ini menjadi kesempatan baik dan unik bagi para ASN Timor-Leste untuk mengamati dan terlibat secara langsung dalam penyelenggaraan pertemuan ASEAN, diharapkan peserta dapat membawa pengalaman yang telah didapat untuk diimplementasikan agar membantu dalam mendapatkan keanggotaan penuh di ASEAN", ujar Bapak Sidharto R. Suryodipuro, Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN.

Selengkapnya: Kementerian Luar Negeri Republik Indonesi