Jakarta, Indonesia - Committee of Permanent Representatives to ASEAN (CPR) bersama Duta Besar Kanada untuk ASEAN, Marie-Louise Hannan telah melakukan seremoni penanaman pohon di taman Gedung Sekretariat ASEAN di Jakarta (8 Desember 2017). Pohon yang di tanam adalah tanaman Delonix Regia yang umum disebut Pohon Flamboyan. Turut hadir pula pada acara tersebut Pelaksana Tugas Wakil Tetap RI untuk ASEAN, Duta Besar Chilman Arisman.

Dalam sambutannya, Wakil Tetap Filipina untuk ASEAN, Duta Besar Elizabeth P. Buensuceso mengutip penyair Lucy Larcom, yang mengatakan “He who plants a tree, plants hope", mengharapkan kerja sama ASEAN-Kanada dapat semakin berkembang ke depannya terutama setelah merayakan capaian 40 tahun hubungan kerja sama yang telah dimulai pada tahun 1977. Tahun ini, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga hadir di rangkaian pertemuan puncak ASEAN di Manila pada bulan November lalu dan telah menyampaikan harapannya untuk bisa ikut serta dan berpartipasi penuh dalam seluruh rangkaian kegiatan mekanisme ASEAN-led.

Duta Besar Kanada untuk ASEAN juga menjelaskan komitmen Kanada untuk terus mendukung proses integrasi ASEAN dan kerja sama di kawasan Asia Pasifik. Hal ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya kegiatan kerja sama dan partisipasi Kanada di berbagai forum ASEAN dan mekanisme ASEAN-led.

Selengkapnya: Kementerian Luar Negeri RI