Jakarta, 16 Juni 2021 – Perkembangan perdagangan elektronik (digital trade) menjadi salah satu topik pembahasan dalam rangkaian Pertemuan ASEAN Senior Economic Officials (SEOM) and Dialogue Partners yang berlangsung pada 14—15 Juni 2021 secara virtual. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut pertemuan internal 2nd Meeting of The ASEAN Senior Economic Officials for the 52nd ASEAN Economic Ministers Meeting (AEM 2/52) yang dilaksanakan pada 8—10 Juni 2021.

Sejak hari pertama dibuka, telah dilaksanakan berbagai pertemuan, yaitu ASEAN dengan Amerika Serikat, ASEAN dengan Korea Selatan, dan ASEAN dengan Jepang. Delegasi Republik Indonesia dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Djatmiko Bris Witjaksono dan didampingi Direktur Perundingan ASEAN Antonius Yudi Triantoro.

Mengawali pertemuan hari pertama, dibahas perkembangan dan implementasi 2020—2021 ASEANU.S. Trade and Investment Framework Arrangement (TIFA) and Expanded Economic Engagement (E3) Work Plan dan usulan 2021-2022 TIFA and E3 Work Plan yang diharapkan selesai pada Agustus 2021, “Selain itu, dalam pertemuan ini kami juga membahas kondisi terbaru kegiatan yang telah dilaksananakan oleh U.S. Technical Assistance dan IGNITE,” jelas Djatmiko.

Selengkapnya: Kementerian Perdagangan RI