Banten: Indonesia mendukung secara penuh Keketuaan Singapura di ASEAN untuk tahun 2018 guna menciptakan ASEAN yang lebih bersatu. Demikian papar Menlu Retno L.P. Marsudi dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Pembangunan Sosial dan Keluarga Singapura dan Menteri Pendidikan, Muhammad Faishal Ibrahim, di Banten (7/12).

Dalam pertemuan ini, Menlu Retno juga menekankan pentingnya menindaklanjuti berbagai kesepakatan yang sudah dicapai dalam Pertemuan Tahunan Indonesia-Singapura di antaranya adalah pelatihan bagi 25 tenaga pendidik sekolah kejuruan, kerja sama peningkatan pendidikan tinggi, ekonomi digital dan e-logistik.

Kerja sama ini dalam kerangka peningkatan sumber daya manusia yang semakin terampil selain untuk mendukung pembangunan ekonomi digital, juga guna memenuhi kebutuhan pengembangan Kendal Industrial Park.

Pertemuan juga menyentuh proses pembahasan Perjanjian Peningkatan dan Perlindungan Penanaman Modal (P4M) atau dikenal dengan bilateral investment treaty (BIT) yang negosiasinya masih berlangsung hingga saat ini. Juga diangkat mengenai perkembangan pembahasan Penghindaran Pajak Berganda (double taxation agreement).

Total perdagangan Indonesia dengan Singapura mencatat nilai USD 26,4 milyar dan terdapat peluang angka ini akan dapat dilampaui mengingat untuk periode Januari – September 2017 telah mencapai lebih dari USD 21,5 milyar. Singapura selaku investor terbesar di Indonesia mencatatkan nilai investasi pada tahun 2016 sebesar USD 9,2 milyar, meningkat lebih dari 50% dari tahun 2015. (sumber: Kemlu)

​Selengkapnya Kementerian Luar Negeri RI