​Kyiv, Ukraina - KBRI Kyiv menjadi tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Day 2021 di Ukraina (08/08/2021). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Perwakilan negara-negara ASEAN, Wakil Menteri Luar Negeri Ukraina, Yevhenii Yenin dan sejumlah pejabat tinggi Kemlu Ukraina, serta Direktur Institute of International Relations (IIR) Universitas Taras Shevchenko, Valerii Kopiika.

Dubes RI Kyiv, Yuddy Chrisnandi dalam pidatonya antara lain menyampaikan proses perjalanan dan perkembangan ASEAN sejak berdirinya hingga kini menjadi organisasi regional berpengaruh dengan kekuatan ekonomi dan GDP gabungan mencapai sekitar 3 triliun Dollar AS.  Terkait hubungan ASEAN – Ukraina, Dubes RI Kyiv menyatakan optimismenya akan kerjasama yang semakin kuat dan saling menguntungkan. Dubes RI merujuk pertemuan Dubes negara-negara ASEAN di Kyiv dengan Menlu Ukraina, Dmytro Kuleba pada  tahun lalu, dimana disepakati peningkatan kerjasama di berbagai bidang, termasuk peningkatan total perdagangan sampai dengan 5 miliar Dollar AS dalam 4 tahun ke depan, peningkatan kunjungan antar level pejabat tinggi, kerjasama pendidikan dan budaya, serta wacana pembentukan ASEAN Study Center.

Dubes RI menggarisbawahi kerjasama ekonomi sebagai prioritas, dan meyakini target 5  milyar dollar AS untuk total perdagangan ASEAN – Ukraina akan tercapai mengingat total perdagangan Indonesia – Ukraina pada tahun 2020 saja mencapai 1,18 miliar Dollar AS. Dubes RI juga menyoroti inisiatif pembentukan ASEAN Study Center yang rencananya akan diresmikan di  Universitas Taras Shevchenko pada bulan September 2021. Diharapkan kehadiran Center tersebut akan memperkuat hubungan ASEAN tidak hanya di level Pemerintah, tapi  juga people to people  contact.

Wakil Menlu Ukraina, Yevhenii Yenin menyatakan bahwa Ukraina memandang penting negara-negara ASEAN. Wamenlu Yenin menegaskan komitmen Pemerintah Ukraina untuk memperkuat hubungan dengan ASEAN di berbagai bidang termasuk memastikan berdirinya ASEAN Study Center pada bulan September 2021. 

Pasca upacara, para tamu diundang untuk menuliskan ucapan selamat atas Hari Jadi ASEAN tersebut di papan ucapan. Acara ASEAN Day ini ditutup dengan ramah tamah yang menyajikan kekayaan kuliner negara-negara ASEAN yang ada di Kyiv, antara lain mie goreng, sate dan martabak dari Indonesia, roti jala dan kari dari Malaysia, serta aneka spring roll  dari Vietnam.

(Sumber: KBRI Kyiv)

Selengkapnya Kementerian Luar Negeri