Jakarta, 16 Juni 2021 – Negara-negara anggota ASEAN melakukan rangkaian Pertemuan ASEAN Senior Economic Officials (SEOM) and Dialogue Partners secara virtual pada hari Selasa (15/6). Rangkaian pertemuan ASEAN yaitu dengan Kanada, India, dan Tiongkok, serta ASEAN Plus Three yaitu Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan. Selain penguatan kerja sama, sejumlah isu dibahas antara lain mitigasi dampak ekonomi di masa pandemi, kelancaran arus perdagangan dan investasi serta Proposal Tiongkok. Indonesia berharap ekonomi ASEAN dapat segera bangkit akibat dampak pandemi.

“Selain ASEAN SEOM, pertemuan dengan negara anggota ASEAN Plus Three memberikan komitmen dukungan untuk kebangkitan ekonomi ekonomi ASEAN akibat pandemi. ASEAN Plus Three berkomitmen mempererat kerja sama di kawasan dengan memastikan kelancaran arus perdagangan dan investasi serta berjalannya konektivitas rantai pasokan di masa pandemi ini. Berbagai inisiatif dan kerja sama telah dibahas untuk dapat dimanfaatkan oleh seluruh anggota,” tegas Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Indonesia Kementerian Perdagangan Djatmiko Bris Witjaksono.

Pertemuan ASEAN SEOM and Dialogue Partners berlangsung selama dua hari, yaitu pada 14—15 Juni 2021. Sebelumnya ASEAN bertemu dengan Amerika Serikat, Korea, dan Jepang. Pertemuan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama antara negara ASEAN dengan negara-negara mitra.

Selengkapnya: Kementerian Perdagangan RI