Jakarta, 9 Juli 2020 – Kementerian Luar Negeri terus memperkuat Kemitraan Komprehensif Strategis RI-Australia melalui Pertemuan tingkat Pejabat Tinggi (Senior Officials’ Meeting) kedua negara secara daring pada Kamis (09/07).

Pertemuan membahas berbagai upaya peningkatan kerja sama bilateral serta kerja sama di kawasan dan global. Selain itu kedua pihak juga mengevaluasi Rencana Aksi Kemitraan Komprehensif Strategis RI-Australia yang telah diresmikan oleh Menteri Luar Negeri RI dan Australia pada 10 Februari 2020 yang lalu.

Secara khusus pihak Indonesia menyampaikan apresiasi atas komitmen dan solidaritas Australia bagi penanganan COVID-19 di Indonesia. Hal ini menunjukan kerja sama kedua negara terus berjalan meskipun kedua negara mengalami berbagai tantangan di tengah pandemi. 

Pemberlakuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement/IA-CEPA) pada 5 Juli 2020 yang lalu merupakan lembar baru hubungan bilateral kedua negara, yang akan berkontribusi dalam pemulihan perekonomian kedua negara dan akan semakin membuka peluang kerja sama pelaku bisnis, termasuk UMKM. 

Selengkapnya: Kementerian Luar Negeri RI