Pretoria, Afrika Selatan – Sebagai ketua ASEAN Pretoria Committee (APC), Duta Besar Indonesia untuk Afrika Selatan, Salman Al Farisi pimpin ASEAN Pretoria Committee (APC) Head of Mission (HOM) Meeting yang dihadiri oleh Duta Besar negara-negara ASEAN di Pretoria (23/03/2021).

Dalam pertemuan tersebut, para anggota APC berdiskusi soal perkembangan dari berbagai program yang telah disusun di bawah keketuaan Indonesia, di antaranya adalah kegiatan ASEAN Golf Day 2021 yang akan berlangsung di akhir bulan Maret 2021. Kegiatan yang diikuti oleh berbagai perwakilan dari negara-negara sahabat serta pejabat pemerintah Afrika Selatan ini diharapkan dapat menjadi penggerak untuk mendekatkan kembali relasi Indonesia dengan mitra di negara setempat yang sempat terhambat akibat pandemi COVID-19.

Selain itu rapat juga membahas rencana tindak lanjut dari aksesi Afrika Selatan terhadap ASEAN Treaty of Amity and Cooperation (TAC) berupa pertemuan inter-agensi antara perwakilan negara ASEAN di Pretoria dengan berbagai instansi pemerintah Afrika Selatan yang diinisiasikan oleh Menlu Afrika Selatan, Naledi Pandor. Selanjutnya rapat turut berdiskusi terkait berbagai isu strategis yang bertujuan untuk meningkatkan eksistensi ASEAN di Afrika Selatan serta program-program lainnya di bawah keketuaan Indonesia yang akan berlangsung hingga bulan Juli 2021.

(Sumber: KBRI Pretoria)

Selengkapnya Kementerian Luar Negeri