VIENTIANE- Rangkaian Pertemuan The 4th Meeting of ASEAN Health Cluster 1: Promoting Healthy Lifestyle and Related Meetings (AHC-1) telah dilaksanakan pada tanggal 19-23 Maret 2018 di Vientiane, Laos. Rangkaian Pertemuan diawali dengan penyelenggaraan 2 (dua) aktivitas yang termasuk dalam ASEAN Health Cluster 1 Work Programme 2016-2020, yaitu Workshop on ‘Knowledge Sharing on Alcohol Policy Development and Implementation in ASEAN’ dan Workshop on ‘Finalisation of ASEAN Guidelines on Occupational Health Surveillance Criteria by Industry’. Pertemuan bertujuan untuk melakukan update dan membahas implementasi aktivitas di bawah AHC-1 Work Programme (2016-2020).

Pada Pertemuan tersebut, Indonesia menyerahkan keketuan AHC-1 kepada Laos dan melaporkan capaian AHC-1 di bawah keketuaan Indonesia pada periode 2016-2017, antara lain ASEAN Health Cluster 1 Work Programme 2016-2020 dengan 30 Project Activities (PA) yang saat ini telah memasuki tahap implementasi dan Terms of Reference ASEAN Health Cluster 1 for the ASEAN Post-2015 Health Development Agenda. Keberhasilan penyusunan dua dokumen tersebut merupakan prestasi yang patut diapresiasi karena dalam tiga Pertemuan AHC-1 di Medan, Jakarta dan Bali, Indonesia mampu memimpin AHC-1 selama masa transisi peleburan working groups di bawah ASEAN Senior Official Meeting on Health Development (SOMHD) menjadi sistem clusters.  

Lebih lanjut, Indonesia turut menyampaikan perkembangan rencana implementasi 5 (lima) aktivitas dalam AHC-1 Work Programme (2016-2020) yang berada di bawah koordinasi Indonesia sebagai lead pada beberapa Health Priorities. Aktivitas tersebut terkait isu pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular;  prevention of injuries;  pemajuan kesehatan kerja; kesehatan mental; dan gizi. *** [Direktorat Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN]