Indonesia telah menominasikan 3 kota, yaitu Jakarta, Banyuwangi dan Makassar, untuk menjadi bagian kerja sama ASEAN Smart Cities Network (ASCN). Hal tersebut diungkapkan Direktur Kerja Sama Politik Keamanan ASEAN, M. Chandra W. Yudha saat memimpin Delegasi RI pada pertemuan ASEAN Joint Consultative Meeting and Related Meeting (JCM), di Singapura, Kamis (8/3/2018).

“Kerja sama tersebut dapat mengurangi kesenjangan pembangunan dan sejalan dengan agenda nasional dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Untuk itu, Indonesia siap mendukung gagasan ASCN”, tambah Chandra.

ASCN merupakan platform kerja sama yang diusung Singapura sebagai Ketua ASEAN 2018 dimana maksimal 3 kota dari tiap Negara Anggota ASEAN saling bekerja sama untuk mencapai tujuan pembangunan kota pintar dan berkelanjutan.

Selanjutnya pada pertemuan JCM, Singapura telah menyampaikan program kegiatan untuk KTT ke-32 ASEAN yang akan diselenggarakan di Singapura, 25-28 April 2018. Selain itu, Singapura juga menyampaikan daftar outcome documents untuk mendapat persetujuan para Pemimpin ASEAN selama berlangsungnya KTT ke-32 ASEAN.

Pada kesempatan tersebut, JCM akhirnya mengesahkan revisi Kerangka Acuan JCM untuk menegaskan mandat JCM dalam mendukung ASEAN Coordinating Council (ACC) menangani isu-isu strategis lintas sektor dan beririsan (cross-sectoral and cross-cutting issues).

Selain itu, JCM juga mengelaborasi kemajuan implementasi Rekomendasi High Level Task Force on Strengthening the ASEAN Secretariat and Reviewing the ASEAN Organs. Beberapa rekomendasi yang tengah dilaksanakan ialah upaya perampingan (streamlining) pertemuan ASEAN, pemanfaatan teknologi video conferencing facilities untuk melakukan pertemuan ASEAN, dan penugasan pejabat Pilar Ekonomi pada tiap Perwakilan Tetap Negara Anggota ASEAN di Jakarta.

Di akhir pertemuan, Sekretariat ASEAN (ASEC) dan negara anggota ASEAN  menyampaikan penghargaan tinggi kepada Pemerintah Indonesia atas komitmen dan kontribusi yang diberikan dalam pendanaan konstruksi dan furnishing gedung baru ASEC. Saat ini pembangunan gedung baru ASEC telah mencapai tahap konstruksi dan ditargetkan selesai pada tahun 2019. 

JCM merupakan pertemuan konsultatif bagi tiga pilar Masyarakat ASEAN, yaitu Masyarakat Politik Keamanan ASEAN, Masyarakat Ekonomi ASEAN dan Masyarakat Sosial Budaya ASEAN yang dihadiri oleh Pejabat Senior dari masing-masing pilar. Pertemuan ini telah didahului dengan Pertemuan Komite Wakil Tetap Negara Anggota ASEAN (Committee of Permanent Representatives) dan Pertemuan tingkat pejabat senior Kementerian Luar Negeri (Senior Officials’ Meeting/SOM). Selain Direktur Chandra, Delegasi RI terdiri dari  Wakil Tetap RI untuk ASEAN, Duta Besar Ade Padmo Sarwono beserta para pejabat dari Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN, Perwakilan Tetap RI untuk ASEAN (PTRI ASEAN), Kementerian Perdagangan dan KBRI Singapura.

(Sumber: Ditjen Kerja Sama ASEAN)