Jakarta, 5 September 2023 – Hari ini menandai tonggak penting dalam implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, dengan diselenggarakannya ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF) di Hotel Mulia, Jakarta. Acara unggulan ini diselenggarakan oleh Indonesia sebagai bagian dari Keketuaan ASEAN pada tahun 2023.

Upacara pembukaan AIPF dihadiri oleh para Pemimpin ASEAN. Dalam pidato pembukaannya, Presiden RI Joko Widodo mengumumkan daftar proyek konkret antara dan di antara Negara-negara Anggota ASEAN dan Mitra Dialog, yang berjumlah USD 56 Miliar dari 166 proyek.

AIPF bertujuan untuk membangun konektivitas, membuka peluang, dan mendorong kolaborasi yang saling menguntungkan antara negara-negara ASEAN dan Indo-Pasifik. Presiden RI menyampaikan, “AIPF dilandasi semangat kerja sama yang forward looking, untuk meletakkan pondasi kuat bagi pertumbuhan ekonomi di masa depan. Di tengah pelemahan perekonomian global, perekonomian ASEAN tetap tangguh, bahkan melampaui rata-rata pertumbuhan global.”

AIPF mendorong terwujudnya ASEAN sebagai ‘Epicentrum of Growth’. Sebagai rumah bagi beberapa negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, lokasi strategis ASEAN yang terletak di jantung Indo-Pasifik menempatkan ASEAN sebagai pemain utama dalam pertumbuhan dan pembangunan ekonomi di kawasan.

Sumber: ASEAN Indonesia 2023