Luang Prabang, Laos : “Penanggulangan bencana di ASEAN sudah cukup maju, dunia semakin mengenal kekuatan dan profesionalisme ASEAN dalam menangani bencana di kawasan ini", demikian ungkap Inspektur Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Bintang Susmanto Noortjahjo selaku Ketua Delegasi RI pada Pertemuan the 5th ASEAN Ministerial Meeting on Disaster Management (AMMDM) dan the 6th Meeting of the Conference of the Parties to ASEAN Agreement on Disaster Management and Emergency Response (COP to the AADMER) yang berlangsung di Luang Prabang, Laos, 19 Oktober 2017. Pertemuan dibuka secara langsung oleh Wakil Perdana Menteri Laos Y.M. Dr. Bounthong Chitmany.

Dalam kegiatan tersebut, Indonesia menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh negara anggota ASEAN, ASEAN Sekretariat dan AHA Centre pada saat keketuaan Indonesia di AMMDM 2016. Selama keketuaan Indonesia pada AMMDM, telah banyak capaian dan program kegiatan kerja sama penanggulangan bencana dilakukan. 

Indonesia juga menyampaikan apresiasi telah ditandatanganinya Deklarasi One ASEAN One Response pada tahun 2016, sebagai komitmen bersama 'keluarga besar ASEAN'. Pada acara tersebut telah dilakukan serah terima keketuaan AMMDM pada level menteri dari Indonesia kepada Laos. Indonesia mengharapkan kerja sama penanggulangan bencana alam di kawasan dapat semakin diperkuat di tengah semakin banyaknya bencana, baik bencana alam maupun bencana yang disebabkan oleh manusia.

Selengkapnya : Kementerian Luar Negeri RI