Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam – KBRI Bandar Seri Begawan menyampaikan apresiasi kepada pemerintahan Distrik Belait dan Tutong karena telah memfasilitasi para WNI, terutama yang merupakan Pekerja Migran Indonesia. Apresiasi tersebut disampaikan saat kunjungan kerja yang dilaksanakan pada tanggal 22 dan 23 Desember 2021 ke masing-masing distrik.

“Para PMI yang mencari penghidupan di Brunei dapat mendukung perekonomian keluarga di tanah air. Brunei pun memperoleh keuntungan dengan dukungan PMI menggerakkan aktivitas ekonomi, yang tidak seluruhnya dapat dipenuhi warga lokal," ujar Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam, Sujatmiko menggarisbawahi keuntungan yang diperoleh kedua negara.

Pada kedua pertemuan turut dibahas beberapa kasus-kasus ketenagakerjaan yang menimpa PMI. Berdasarkan data KBRI Bandar Seri Begawan (BSB), permasalahan yang dihadapi PMI diantaranya adalah masalah upah yang tidak dibayar, perjanjian kerja yang tidak sesuai, tidak tahan bekerja, sakit dan tindakan kekerasan. Duta Besar RI dan pemimpin kedua daerah Belait dan Tutong menyepakati untuk terus melanjutkan kerja sama yang baik antara KBRI BSB dengan pihak-pihak terkait di Belait dan Tutong dalam melindungi para pekerja Indonesia di kedua distrik tersebut.

Selengkapnya: Kementerian Luar Negeri RI