Para tamu undangan  Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) mulai berdatangan di Jakarta. 

Undangan pertama adalah Perdana Menteri (PM) Cook Islands, Mark Brown yang tiba sekitar pukul 20.00 WIB di  Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (3/9/2023) malam. Selepas turun dari pesawat, PM Mark Brown mendapat penyambutan kenegaraan.   

Kedatangan Mark Brown disambut oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyant dan PJ Gubernur Banten Al Muktabar.  

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi mengatakan, Cook Islands diundang karena posisinya sebagai  Ketua Pacific Island Forum (PIF). Indonesia perlu menyebarkan informasi roadmap kerja sama antara negara ASEAN dengan Indo -Pasifik.

Diketahui, total ada 22 negara yang hadir, ada 11 negara ASEAN, yakni Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste. 

Kemudian, ada sembilan negara yang mitra yang diundang di antaranya Republik Korea, India, Jepang, RRT, New Zealand, Kanada, Australia, Rusia, dan Amerika Serikat (AS). 

Sumber: ASEAN Indonesia 2023