Pertemuan Menteri Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community Council atau AECC) ke-23 menyepakati akan membawa empat dokumen inisiatif pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43, 5-7 September 2023.

Empat dokumen pada pertemuan yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto tersebut, di antaranya pertama Leaders’ Declaration on Strengthening Food Security and Nutrition in response to Crisis​, kedua Leaders’ Statement to Develop the ASEAN Digital Economy Framework Agreement (DEFA).

Kemudian ketiga adalah ASEAN Leaders' Declaration on ASEAN as Epicentrum of Growth ​ASEAN Leaders’ dan keempat adalah ASEAN Blue Economy Framework.

”Kami juga membahas persiapan partisipasi Timor-Leste di ASEAN. Para Menteri mendukung Timor-Leste secara penuh untuk berpartisipasi dalam pertemuan dan kegiatan di Pilar Ekonomi ASEAN,” ujar Airlangga.

Pertemuan AECC ke-23 dihadiri oleh para menteri ekonomi negara-negara ASEAN yang turut juga diikuti Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn.

Sumber: ASEAN Indonesia 2023