Jakarta 26/02/2019- Indonesia mengirimkan delegasi putra-putri terbaiknya pada ASEAN Youth Engagement Summit (AYES), acara ini merupakan sebuah pertemuan tingkat tinggi bagi para pemimpin muda, profesional muda, dan agen perubahan dari kawasan ASEAN pada 20-23 Februari di University of the Philippines, Filipina. Kegiatan yang diselenggarakan oleh South East Asian Leaders’ Organization (SEALO) ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para pesertanya mempelajari pengetahuan baru tentang isu dan topik utama ASEAN serta memahami peran pemuda  dalam mengembangkan kawasan.

Acara ini dihadiri oleh Direktur Eksekutif ASEAN Foundation Elaine Tan, Miss Vietnam Hoang Thuy dan sekitar 20 delegasi muda dari Indonesia sebagai peserta. Pada kesempatan ini, terdapat dua pembicara dari Indonesia, yaitu Margianta Surahman Juhanda Dinata (Direktur Eksekutif Emancipate Indonesia, Juru Bicara Gerakan Muda Framework Convention on Tobacco Control (FCTC), Project Coordinator Young Health Programme di Yayasan Lentera Anak, Anggota United Nation  Sustainable Development Solution Network (UN SDSN)  Youth Indonesia, Ambassador One Young World) dan Senjaya Mulia (Founder ASEAN Youth Organization).

AYES pertama kali diselenggarakan pada tahun 2017 bertujuan untuk  menciptakan dunia yang lebih baik, dengan kepemimpinan yang efektif dan bertanggung jawab, menghubungkan para pemimpin muda yang paling berpengaruh di dunia. Pada tahun 2019, AYES  berhasil mengumpulkan kurang lebih  400 pemimpin muda, profesional muda dan agen perubahan dari kawasan ASEAN untuk berkolaborasi dalam pembentukan inisiatif, pelaksanaan advokasi, pengorganisasian, dan pertukaran ide untuk menciptakan dampak jangka panjang bagi masyarakat ASEAN. Hal ini bertujuan untuk semakin menyatukan pemuda ASEAN menuju transformasi yang berkelanjutan.

Pada kesempatan ini, Margianta membagikan pengalamannya sebagai Executive Director of Emancipate Indonesia dan Member of SDSN Youth dalam sesi bertajuk Role of the Youth on Attaining  The Sustainable Development Goals in The ASEAN Region. Selain itu,  Margianta kembali dipercaya mendapat kesempatan sebagai pembicara mewakili Youth Movement for FCTC dan Ambassador of One Young World mengenai Health and Social Policy dalam sesi AYES Youth Chat

Peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat memilih salah satu sesi dari 6 panel yang tersedia seperti; Budaya dan Seni, Sains dan Teknologi, Lingkungan dan Energi, Kebijakan Kesehatan dan Sosial, Bisnis dan Ekonomi, dan Tata Kelola dan Kebijakan. Melalui kegiatan ini, diharapkan pemuda Indonesia dapat lebih termotivasi untuk memainkan peran dalam mencapai tujuan ASEAN, khususnya visi ASEAN pada tahun 2025. (Setditjen Kerja Sama ASEAN- Margianta).