Rangkaian Pertemuan ke-19 ASEAN Cooperation on Civil Service Matters (ACCSM) Meetings, yang terdiri dari pertemuan Pejabat Tinggi, Pejabat Tinggi plus Three Countries, Heads of Civil Service, Heads of Civil Service plus Three Countries dan Forum on Global Governance telah berlangsung tanggal 23-25 Oktober 2018 di Singapura. Pertemuan dipimpin secara bersama oleh Singapura selaku Ketua ACCSM ke-19 dan Thailand sebagai Ketua ACCSM ke-20, serta dihadiri seluruh negara anggota ASEAN dan perwakilan Sekretariat ASEAN.

Delri pada pertemuan Pejabat Tinggi ACCSM dan plus Three Countries dipimpin oleh Deputi Pembinaan Manajemen Kepegawaian BKN. Sedangkan pada pertemuan Heads of Civil Service dan Heads of Civil Seervice plus Three Countries dipimpin oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara. Anggota Delri terdiri dari perwakilan BKN dan Direktorat Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN Kemlu.  

Rangkaian Pertemuan membahas agenda utama, yaitu implementasi ACCSM Work Plan 2016-2020, Post-2020 work plan, pembentukan ASEAN Network of Public Training Institute, pengembangan kerja sama dengan mitra dialog selain plus 3 countries dan usulan tema baru ASEAN Resource Centers (ARC).

Indonesia, Kamboja dan Malaysia menekankan perlunya harmonisasi program ACCSM dengan ASEAN Network of Public Service Training Institutes (PSTI), entitas baru usulan Singapura, agar tidak terjadi duplikasi dengan Program/Project ACCSM. Selain itu perlu memperhatikan mekanisme pelaporan PSTI ke ACCSM dan hubungan dengan ASEAN Resource Center (ARC) di negara-negara ASEAN lainnya.

Sementara itu, gagasan memperluas kerja sama dengan Dialog Partners di luar plus three, yang mencakup Australia, Selandia Baru, India, Kanada dan Amerika Serikat mendapat sambutan positif, utamanya guna memperkuat ARC dan memberikan kontribusi atas pengembangan konsep Talent Management.

Pertemuan juga memberikan endorsement atas proposal Indonesia “Launching A-EXPECS” yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 dan pelaksanaan workshop A-EXPECS tahap 2 pada tahun 2020. Proposal Indonesia lainnya yang juga disetujui adalah ASEAN Civil Service Talent Management System.

Rangkaian pertemuan ke-20 ACCSM direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 di Bangkok, Thailand. Sedangkan preparatory meeting SOM ACCSM akan dilaksanakan pada bulan Maret 2019 di Chiang Rai, Thailand. [Direktorat Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN]