NEW DELHI - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan kepada negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) untuk mengambil tindakan agresif untuk menekan penyebaran virus corona yang kian meluas.

Kasus Covid-19 merujuk data WHO per Selasa 17 Maret, mencapai 179.112 secara global dan menyebabkan 7.426 kematian.

Sejumlah negara, dalam beberapa pekan terakhir, mulai melakukan kebijakan menutup perbatasan, memberikan sanksi kepada warga yang keluar rumah serta memberlakukan jam malam hingga menutup sekolah untuk membendung penyebaran virus corona.

Namun WHO mengkhawatiran bahwa sistem perawatan kesehatan masyarakat yang lebih lemah di banyak negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia tidak akan mampu mengatasi wabah besar seperti Covid-19.

"Kita perlu segera meningkatkan semua upaya untuk mencegah virus menginfeksi lebih banyak orang," kata Poonam Khetrapal Singh, direktur WHO untuk Asia Tenggara menyitir AFP, Rabu (18/3/2020).

"Semakin banyak kelompok penularan virus dikonfirmasi. Meskipun ini merupakan indikasi pengawasan yang efektif dan waspada, ini juga menyoroti kebutuhan akan upaya yang lebih agresif dan seluruh masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19 lebih lanjut," katanya menambahkan pemerintah setiap negara harus segera meningkatan upaya pencegahan lebih banyak.

Selengkapnya Detik.com