TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –ASEAN dalam kiprahnya menunjukkan keistimewaan yang luar biasa karena bukan saja terus memperkuat konsolidasi program internal, tapi juga di kawasan yang lebih luas. Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Mahendra Siregar menyebut bahwa ASEAN juga memerankan posisi yang penting di kawasan Indo Pasifik.

Kawasan ini merupakan kawasan yang meliputi 35 negara, mulai dari Pantai Timur Afrika hingga Pantai Barat Benua Amerika. “Pada saat organisasi regional di kawasan lain sedang diuji, justru ASEAN semakin solid dan semakin mampu memerankan posisi yang penting di kawasan yang jauh lebih besar daripada kawasannya sendiri,” kata Wamenlu dalam webinar Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Senin (23/11/2020).

Wamenlu mengatakan di tengah rivalitas geopolitik yang semakin panas, ASEAN mendorong paradigma kerjasama dan kolaborasi. ASEAN berusaha memperkuat kerjasama antar kekuatan besar yang berusaha mencari dukungan dengan mengedepankan dialog dan upaya penyelesaian konflik secara damai.

“Memang kita sering mendengar kritik pada ASEAN, bahkan ada yang beranggapan ASEAN tidak akan bisa bertahan terhadap tantangan global. Namun yang terjadi justru sebaliknya,” ujarnya