REPUBLIKA.CO.ID, ASHINGTON -- Asisten Menteri Luar Negerk Amerika Serikat (AS) untuk Asia Timur, Daniel Kritenbrink akan mengunjungi empat negara Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand. Kunjungan ini dilakukan setelah Presiden Joe Biden berjanji meningkatkan keterlibatan dengan Asia Tenggara, terutama dalam menghadapi pengaruh China.

Kritenbrink akan memulai tur empat negara di Asia Tenggara mulai Sabtu (27/11) hingga 4 Desember. Dalam kunjungannya Kritenbrink akan menegaskan kembali komitmen AS untuk bekerja sama dalam mengatasi tantangan global dan regional.

"Kritenbrink juga menekankan dukungan AS untuk tatanan berbasis aturan di Indo-Pasifik," ujar pernyataan Departemen Luar Negeri AS merujuk pada sikap China yang semakin tegas di Indo-Pasifik.

Kritenbrink juga akan membahas tantangan hak asasi manusia, dan berusaha untuk meningkatkan kerja sama dalam perubahan iklim. Termasuk membahas upaya menekan pemerintah militer Myanmar menghentikan kekerasan  dan membuka akses kemanusiaan tanpa hambatan.