TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - US-ASEAN Business Council (US-ABC) bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) dan Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, menggelar kegiatan lokakarya bertajuk 'Surabaya SMEs Go Digital and International' di Grand City Convex, Surabaya, Rabu (7/3/2018).

Dalam kegiatan tersebut hadir pula Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UMKM I Wayan Dipta, Konsul Jenderal Konsulat Amerika Serikat di Surabaya Heather Variava, Perwakilan Utama untuk Indonesia US-ASEAN Business Council Desi Indrimayutri, dan Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Provinsi Jawa Timur Moch Rizal.

"Kami memberikan apresiasi kepada Pemerintah US dengan mendorong UKM kami untuk menjadi UKM yang go-digital melalui kegiatan ini," kata I Wayan Dipta, di sela acaraPertumbuhan UKM di Indonesia, menurut Wayan dinilai cukup pesat hingga mencapai 2 persen. Harapannya, peningkatan ini bukan hanya dari segi jumlah saja, melainkan juga dari segi peningkatan prinsip dari pelaku usaha kecil maupun menengah.

"Harapannya pelaku UKM ini semakin kreatif dan inovatif. Karena pada tahun 2020, e-marketplace sudah mengarah ke go-digital. Nah, cara kami mengawal para UKM untuk go-digital dengan kegiatan workshop seperti ini," papar Wayan.