Nanning, Beritasatu.com- Tiongkok mendorong kerja sama serius dengan ASEAN di industri gula. Seperti dilaporkan Xinhua, MInggu (20/12), Pameran Gula Tiongkok-ASEAN ke-5 dibuka pada Sabtu (19/12) di Nanning, ibu kota Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, Tiongkok selatan.

“Rendahnya tingkat mekanisasi menjadi faktor utama yang membatasi perkembangan industri gula di Tiongkok,” kata Zhu Beiwei, akademisi Chinese Academy of Engineering, dalam forum acara tersebut.

Menurut Asosiasi Mekanisasi Pertanian Guangxi, Tiongkok telah bekerja sama dengan anggota ASEAN untuk mengatasi tantangan tersebut. Guangxi akan mendirikan kawasan industri Tiongkok-ASEAN untuk mesin pertanian di kota Nanning, dengan ambisi untuk menarik lebih dari 100 perusahaan dari dalam dan luar negeri untuk mempercepat mekanisasi produksi pertanian.

Guangxi dan ASEAN memiliki sejarah panjang kerja sama dalam produksi gula. Benjamas Tanvetyanont, Konsul Jenderal Thailand di Nanning, mengatakan pada upacara pembukaan pameran bahwa Guangxi berperan aktif dalam industri gula dan memiliki kerjasama penting dengan Thailand.