KOMPAS.com - Sejumlah perusahaan rintisan ( startup) unicorn Indonesia, dikabarkan menjadi incaran investor Asia untuk melakukan penawaran umum perdana atau IPO. Menurut bankir dan pengacara yang familiar dengan isu ini, beberapa perusahaan akuisisi bertujuan khusus atau SPACs (special purposes acquisition companies) kabarnya mengincar Gojek, Bukalapak, dan Traveloka.

Selain itu, mereka juga mengincar startup asal Singapura, Grab. Sekadar informasi, perusahaan SPACs memiliki misi mengumpulkan pendanaan lalu mengakuisisi perusahaat privat untuk membantu mereka menjadi perusahaan publik. Beberapa konglomerat di belakang perusahaan SPACs, seperti pengusaha asal Hong Kong Richard Li dan Peter Thiel (Bridgertown Holdings Ltd), CITIC Capital asal China, pebisnis asal Singapura, David Sin (SC Health Corporation), dan mantan manajer pengelola investasi global, George Raymond Zage (Farallon Capital Management) sedang merayu startup unicorn Asia Tenggara. 

"Saat ini, tidak ada obrolan tanpa membahas SPACs di Asia. Asia Tenggara adalah pasar utama mengingat jumlah perusahaan yang didukung teknologi sedang berkembang pesat" kata Sarab Bhutani, kepala perbankan investasi Asia Tenggara di Nomura Holdings. Grab dan Gojek menolak mengomentasi isu ini, sementara Bukalapak belum memberikan tanggapan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Reuters, Selasa (22/12/2020).