IDXChannel – Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Risa E. Rustam mengungkapkan, selama tiga bulan terakhir BEI mencatat aktivitas transaksi yang tinggi dan ini menjadi rekor transaksi sejak privatisasi bursa di tahun 1992.

“Rata-rata nilai transaksi harian selama tahun 2021 ini mencapai Rp15,95 triliun. Jadi hampir 16 triliun setiap harinya atau hampir dua kali dari rata-rata tahun lalu,” ungkapnya dalam webinar, Kamis (1/4/2021).

Di tahun 2021, ini juga terdapat lonjakan frekuensi transaksi. Bahkan, frekuensi transaksi ini merupakan yang tertinggi di antara stock exchange di ASEAN selama tiga tahun terakhir.

“Rata-ratanya itu sekarang sudah mencapai 1,4 juta transaksi per hari. Dan ini adalah yang tertinggi di antara stock exchange di ASEAN selama tiga tahun terakhir. Jadi, aktivitas transaksi di Bursa Efek Indonesia itu sangat tinggi dan tertinggi di ASEAN tiga tahun terakhir,” ujar Risa.

Sementara itu, lonjakan frekuensi transaksi ini juga diikuti oleh peningkatan volume transaksi. Diketahui, volume transaksi mencapai hampir 20 miliar saham per harinya. (SANDY)

Selengkapnya IDXChannel