IDXChannel - Dalam pertemuan bilateral dengan sejumlah negara di China, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan, otoritas China dan Rusia mendukung inisiatif Presiden Joko Widodo untuk menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara-negara ASEAN. Forum internasional ini membahas perihal krisis politik di Myanmar

Inisiatif pelaksanaan KTT  sendiri menjadi alternatif negara-negara ASEAN untuk memberikan dukungan dan bantuan bagi Myanmar. 

"RRT (Republik Rakyat Tiongkok) memberikan dukungan terhadap upaya dan tawaran ASEAN untuk membantu Myanmar termasuk memberikan dukungan terhadap inisiatif Presiden Jokowi untuk diadakannya KTT ASEAN," ujar Retno dalam konferensi pers virtual, Jumat (2/4/2021).

Dukungan Rusia sendiri setelah Retno melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri, Sergey Lavrov, perihal masalah politik Myanmar akibat persoalan kudeta militer yang terjadi. 

Pemerintah Indonesia mencatat, negara-negara yang tengah dikonsolidasikan memiliki visi atau tujuan yang sama terhadap situasi Myanmar. Dimana, keinginan besarnya adalah mengakhiri penggunaan kekuatan dan kekerasan dalam dinamika politik lokal negara tersebut. Retno menegaskan, pentingnya segera dilakukan dialog diantara mereka.

Selengkapnya IDXChannel